Rabu, 26 Oktober 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

PERTEMUAN PERTAMA
            Kegiatan Belajar Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
ü  Menanyakan keadaan kesiapan siswa untuk belajar
ü  Informasi mengenai proses pembelajaran yang akan dilakukan melalui web-based learning dan face to face learning dalam keseluruahan Pembelajaran teks fungsioanl pendek dengan membuka blog/ web ()yang akan dijadikan media pembelajaran
l  Prasyarat pengetahuan:
ü  Apa itu teks fungsional pendek?
b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok dan setiap pertemuan dilakukan secara berkelompok.
l  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa tentang teks fungsional pendek yang akan dipelajari untuk pertemuan minggu depan dan seterusnya.
l  Guru memberikan informasi kepada peserta didik tentang perangkat lain selain tatap muka yang bisa digunakan untuk komunikasi, yakni template forums dalam web, lewat e-mail, Yahoo Messenger, Facebook, Twitter, mIRC, ataupun BB Messenger.
l  Guru memberikan penjelasan tentang aturan kehadiran dan pembelajaran
c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada individu/kelompok yang memiliki keberanian untuk mengungkapkan pendapatnya dan kepada peserta didik yang sudah memiliki e-mail account.
l  Guru meminta semua peserta didik untuk memiliki e-mail account
l  Setelah itu, murid di berikan untuk mengeksplor blog/ web yang sudah dibuat oleh guru dan web-web lain yang berhubungan dengan materi yan akan dipelajarinya.


PERTEMUAN KEDUA
        Kegiatan Belajar
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
ü  Mempersiapkan bahan yang akan dipresentasikan.
ü  Memberikan informasi dan menjelaskan atas pertanyaan yang diberikan oleh peserta didik lewat perangkat-perangkat komunikasi yang sudah diberikan.
ü  Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang telah berpartisipasi dalam  web dan perangkat komunikasi lain.

l  Prasyarat pengetahuan:
ü  Apakah yang dimaksud dengan teks fungsional pendek?
ü  Apakah yang dimaksud menulis?
b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian teks fungsional pendek dalam kelompok.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan macam-macam teks fungsional pendek
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh teks fungsional pendek.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru menjelaskan kegunaan menulis teks fungsional pendek.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan lima contoh teks fungsional pendek.
l  Guru memeriksa penulisan teks fungsional pendek yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman dan hasilnya dikirim lewat email.
l  Guru meminta peserta didik untuk melihat tugas yang ada di web yang harus dikerjakan secara berkelompok.


PERTEMUAN KETIGA
Kegiatan Belajar
a.      Kegiatan Pendahuluan
l   Motivasi dan Apersepsi:
ü  Guru memberikan umpan balik terhadap laporan yang sudah dikirimkan lewat email.
ü  Apa manfaat melakukan menulis teks fungsional pendek?
l   Prasyarat pengetahuan:
ü  Apa yang harus dilakukan agar menulis teks fungsional pendek memiliki kesalahan sekecil mungkin?
b.       Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan dalam menulis teks fungsional pendek.
  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam menulis teks fungsional pendek.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan jenis-jenis kesalahan menulis teks fungsional pendek.
l  Guru memberikan contoh-contoh teks fungsional pendek.
l  Mengerjakan Lembar Kerja Siswa (di template assignment and handouts)
c.         Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Guru memberikan informasi untuk ulangan harian pertama (formatif) soalnya ada di web dan harus dikumpulkan melalui email pada waktu yang disepakati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar