PERTEMUAN PERTAMA
|             Kegiatan Belajar Tatap Muka | 
| a. Kegiatan Pendahuluan l  Motivasi dan Apersepsi: ü  Menanyakan keadaan   kesiapan siswa untuk belajar ü  Informasi mengenai   proses pembelajaran yang akan dilakukan melalui web-based learning dan face   to face learning dalam keseluruahan Pembelajaran teks fungsioanl   pendek dengan membuka blog/ web ()yang akan dijadikan media pembelajaran l  Prasyarat pengetahuan: ü  Apa itu teks fungsional   pendek? | 
| b. Kegiatan Inti l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan   kelompok dan setiap pertemuan dilakukan secara berkelompok. l  Guru memberikan   kesempatan kepada beberapa siswa tentang teks fungsional pendek yang akan   dipelajari untuk pertemuan minggu depan dan seterusnya. l  Guru memberikan   informasi kepada peserta didik tentang perangkat lain selain tatap muka yang   bisa digunakan untuk komunikasi, yakni template forums dalam web, lewat   e-mail, Yahoo Messenger, Facebook, Twitter, mIRC, ataupun BB Messenger. l  Guru memberikan   penjelasan tentang aturan kehadiran dan pembelajaran | 
| c. Kegiatan Penutup l    Guru memberikan penghargaan kepada individu/kelompok yang memiliki   keberanian untuk mengungkapkan pendapatnya dan kepada peserta didik yang   sudah memiliki e-mail account. l    Guru meminta semua peserta didik untuk memiliki e-mail account  l  Setelah itu, murid di berikan untuk mengeksplor blog/   web yang sudah dibuat oleh guru dan web-web lain yang berhubungan dengan   materi yan akan dipelajarinya. | 
PERTEMUAN KEDUA
|         Kegiatan Belajar | 
| a. Kegiatan Pendahuluan l  Motivasi dan Apersepsi: ü  Mempersiapkan bahan   yang akan dipresentasikan. ü  Memberikan informasi   dan menjelaskan atas pertanyaan yang diberikan oleh peserta didik lewat   perangkat-perangkat komunikasi yang sudah diberikan. ü  Memberikan penghargaan   kepada peserta didik yang telah berpartisipasi dalam  web dan perangkat komunikasi lain. l  Prasyarat pengetahuan: ü  Apakah yang dimaksud dengan teks fungsional   pendek? ü  Apakah yang dimaksud menulis? | 
| b. Kegiatan Inti l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan   pengertian teks fungsional pendek dalam kelompok. l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya   mengenai perbedaan macam-macam teks fungsional pendek  l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk   menyebutkan contoh teks fungsional pendek. l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta   didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. l  Guru menjelaskan kegunaan menulis teks fungsional   pendek. l  Peserta didik diminta untuk menuliskan lima   contoh teks fungsional pendek. l  Guru memeriksa penulisan teks fungsional pendek   yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum.   Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya   dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. | 
| c. Kegiatan Penutup l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang   memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi   untuk membuat rangkuman dan hasilnya dikirim lewat email. l    Guru meminta peserta didik untuk melihat tugas yang ada di web yang harus   dikerjakan secara berkelompok. | 
PERTEMUAN KETIGA
| Kegiatan Belajar | 
| a.        Kegiatan Pendahuluan l   Motivasi dan Apersepsi: ü  Guru memberikan umpan balik terhadap laporan yang   sudah dikirimkan lewat email. ü  Apa manfaat melakukan menulis teks fungsional   pendek? l   Prasyarat pengetahuan: ü  Apa yang harus dilakukan agar menulis teks fungsional   pendek memiliki kesalahan sekecil mungkin? | 
| b.       Kegiatan   Inti l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan   beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan dalam menulis teks fungsional   pendek.   Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya   mengenai cara mengurangi kesalahan dalam menulis teks fungsional pendek. l    Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan jenis-jenis kesalahan   menulis teks fungsional pendek. l    Guru memberikan contoh-contoh teks fungsional pendek. l  Mengerjakan Lembar Kerja Siswa (di template assignment and handouts) | 
| c.         Kegiatan   Penutup l    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan   kerjasama yang baik. l  Guru memberikan informasi untuk ulangan harian pertama   (formatif) soalnya ada di web dan harus dikumpulkan melalui email pada waktu   yang disepakati. | 

 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar